Membuat Widget Blog

Posted on Thursday 1 April 2010

Berdasarkan pengalaman pribadi saya waktu pertama kali mengalami kesulitan dalam membuat widget pada blog, pada kali ini dapurblogger akan membahas cara membuat widget blog dengan mudah. Tapi sebelum kita melanjutkan lebih jauh, saya bertanya, apakah sobat dapurblogger sudah membuat blog?

Kalau sobat dapurblogger belum membuat blog, silahkan baca artikel dapurblogger yang berjudul "Cara Mudah, cepat dan Gratis membuat Blog"  untu membuat blog sobatdapurblogger.

Setelah blog sobat dapurblogger jadi, mungkin sobat dapurblogger bingung cara mempercantik blog sobat dapurblogger, salah satunya dengan memasang widget gratisan pada blogger. Step by step, santai saja. Jangan terburu-buru, nanti kalau terburu-buru blog sobat dapurblogger malah bisa hancur berantakan.

Ok,kita langsung saja menuju pembahasan cara membuat widget pada blogger.
Widget pada blogger bisa sobat dapurblogger dapatkan secara gratis pada blogger. Karena itu memang fitur gratis yang ditawarkan oleh www.blogger.com.

Untuk membuat widget ini, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Login ke account blogger sobat dapurblogger.
  • Klik Customize (berada pada pojok kanan atas)
  • Kemudian klik layout
  • Untuk menambah widget, klik pada Add
Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini:
 cara membuat widget

Untuk membuat widget, sobat dapurblogger tinggal klik tulisan Add A Gadget. Bisa dilihat pada gambar di bawah ini..

cara membuat widget blog

Setelah sobat dapurblogger klik add a gadget maka akan muncul tampilan seperti ini..

cara membuat widget pada blogspot

Halaman add a gadget akan menampilkan macam-macam widget, sobat dapurblogger bisa memilih widget yang akan dipasang sesuai dengan kebutuhan dan selera sobat dapurblogger. Tapi sebaiknya widget yang dipilih adalah yang sesuai dengan tema blog sobat dapurblogger. Widget seperti gambar di atas hanya menampilkan 21 widget, Apabila sobat dapur blogger merasa kurang puas atau tidak mendapatkan widget yang sobat dapurblogger cari, sobat dapurblogger bisa search widget pada halaman tersebu untuk menampilkan pilihan widget yang lebih banyak. Di sana ada ratusan widget yang bisa sobat dapurblogger pilih.

Setelah sobat dapurblogger memilih widget yang akan dipasang pada blog sobat dapurblogger, maka selanjutnya sobat dapurblogger tinggal klik tanda ( + ) atau sobat dapurblogger tinggal klik pada judul widget.

Untuk merubah posisi widget, masih dalam halaman layout, sobat dapurblogger tinggal klik dan tahan klik pada widget, lalu seret widget tersebut dan letakkan pada posisi dimana posisi widget itu di inginkan. setelah itu Klik SAVE. 
kemudian Klik view blog ..
Sudah terpasang belum widgetnya?
Cukup mudah kan memasang widget pada blog baru sobat dapurblogger?

Selamat mencoba
Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Blog Ini Dofolow.
Komentar yang tidak sesuai dengan content yang di bahas, akan di hapus.

loading...

Blog Archive

© Dapurblogger. Template by Template Responsive Design Powered By Blogger