Cara Membuat Blog

Posted on Monday 18 January 2010

Membuat Blog Itu Mudah...


Cara membuat blog itu tidak terlalu susah kok, bahkan bisa dikatakan lebih susah dibandingkang dengan bagaimana cara menyeterika baju dengan cepat..dan saya yakin, membuat blog itu lebih mudah dan lebih cepat dibandingkan dengan menyeterika baju...halaah kok jadi membahas seterikaan...

langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Koneksikan PC atau leptop anda dengan internet
2. Diusahakan anda duduk dengan nyaman, aman dan tenteram, kemudian  tarik dalam-dalam.
3. Daftar Google. buat account email di google dengan cara membuka halaman Klik aja langsung..www.gmail.com
4. Kalau email anda sudah jadi, ucapkanlah Alhamdulillah kemudian anda daftar blog dengan mengeklik URl berikut ini:
www.blogger.com
5. membuat atau memilih Template Blog
6. Selesai


Langkah Pertama





Kalau dulu, pada zaman Majapahit, bikin blog gak harus pake google account, tapi sekarang harus pakai google account, sebenernya tidak harus, tapi lebih mudah dan lebih cepat juga tidak ribet. Kalau penasaran dengan perbandingan susah dan mudahnya, sobat dapurblogger coba daftar sendiri aja deh dengan account email yang berbeda. Nanya mulu sih....

Silahkan kunjungi http://www.blogger.com. sobat dapurblogger akan mendapatkan halaman seperti pada gambar dibawah.

Jika Sobat dapurblogger sudah memiliki login di Google (sudah belum?), sobat dapurblogger tinggal login, maka sobat dapurblogger akan masuk ke Control Panel atau Panel Kontrol.

Oh ya, sobat dapurblogger bisa memilih bahasa, apakah Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, tapi tidak tersedia bahasa tubuh atau bahasa isyarat..:P

Untuk kali ini saya anggap sobat dapurblogger belum memiliki login Google aja deh..hehehe....

Klik tanda panah besar yang bertuliskan CIPTAKAN BLOG SOBAT DapurBlogger.

Sejauh ini sangat mudah dan akan terus mudah.




Halaman Pertama



Langkah 2: Daftar Blog

Lengkapi Pendaftaran Anda

Setelah sobat dapurblogger klik tanda panah besar yang bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA, maka akan muncul formulir seperti yang ada pada gambar dibawah ini.

Proses ini akan menciptakan account Google yang dapat sobat dapurblogger gunakan pada layanan Google lainnya. Jika sobat dapurblogger sudah memiliki sebuah account Google mungkn dari Gmail, Google Groups, atau Orkut.

Satu account Google bisa digunakan untuk mengakses semua fasilitas yang disediakan oleh Google.

Jika Anda sudah memiliki accout google, sobat dapurblogger bisa langsung login (masuk). Untuk login ke Google,
sobat dapurblogger harus login dengan menggunakan alamat email.

Silahkan lengkapi.

1. Alamat email yang
sobat dapurblogger masukan harus sudah ada sebelumnya. sobat dapurblogger akan dikirim konfirmasi ke email tersebut. Jika sobat dapurblogger menggunakan email palsu atau email yang baru rencana akan dibuat, maka pendaftaran bisa gagal. sobat dapurblogger tidak perlu menggunakan email gmail.com. Email apa saja bisa.Tapi Sekali lagi saya bilang, lebih baik menggunakan email Gmail...

2. Lengkapi data yang lainnya.

3. Tandai "Saya menerima Persyaratan dan Layanan" sebagai bukti bahwa
sobat dapurblogger setuju. BTW sobat dapurblogger sudah membacanya?

Setelah lengkap, klik tanda panah yang bertuliskan lanjutkan.




Form Pendaftaran 1




Form Pendaftaran 2



Langkah 3: Membuat Blog

Memilih Nama Blog dan URL Blog

Jika Anda berhasil, sobat dapurblogger akan dibawa ke halaman seperti pada gambar dibawah. Jika gagal? Gagal biasanya karena verifikasi kata sobat dapurblogger salah. Itu wajar karena sering kali verifikasi kata sulit dibaca. Yang sabar saja, ulangi sampai benar. Saya sendiri sampai mengulang 3X.

Setelah
sobat dapurblogger berhasil mendaftar, sobat dapurblogger akan dibawa ke halaman seperti yang ada pada gambar dibawah. Sekarang sobat dapurblogger mulai membuat blog dengan mengisi nama dan alamat blog sobat dapurblogger .

Jika Anda membuat lensa dengan tujuan mempromosikan produk Anda atau produk afiliasi, maka dalam memilih nama, harus berisi nama produk atau jasa yang akan Anda tawarkan. Misalnya jika
sobat dapurblogger ingin menjual Tanah, sobat dapurblogger bisa memilih kata kunci seperti Tanah dijual, Tanah di gadaikan, Tanah untuk kuburan anda (weleh..weleh)..dan kata-kata kunci lainnya yang sesuai.

sobat dapurblogger  juga bisa meneliti kata kunci yang paling banyak dicari orang (tentu harus berhubungan dengan produk yang Anda jual) atau kalo sobat dapurblogger bingung bisa minta bantuan kang google aja deh ..Klik ini..https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal
sobat dapurblogger  bisa mengecek ketersediaan alamat blog yang sobat dapurblogger pilih. Jika tersedia bisa sobat dapurblogger lanjutkan. Jika tidak tersedia, maka sobat dapurblogger harus kreatif mencari nama lain atau memodifikasi alamat yang sudah ada, misalnya ditambahkan abc, xzy, 101, dan bisa juga dengan menyisipkan namaAnda.

Lanjutkan dengan klik tanda panah bertuliskan LANJUTKAN.




Proses Pembuatan Blog



Langkah ke 4 Blog Template

Pilih desain yang sesuai dengan selera Anda.

Berhasil? Tentu saja berhasil, memang mudah koq. Jika berhasil, sobat dapurblogger akan diarahkan ke halaman seperti yang ada pada gambar dibawah.

Pilihlah tema yang sesuai dengan selera
sobat dapurblogger . Jika tidak ada yang sesui dengan selera sobat dapurblogger, jangan khawatir, nanti masih banyak pilihan tema yang bisa sobat dapurblogger install sendiri. Sekarang pilih saja tema agar proses pembuatan blog bisa diselesaikan.sobat dapurblogger bisa preview tema dengan klik gambarnya.


Untuk Memilih tema Anda klik (tandai) bulatannya o seperti pada gambar dibawah. Lihat yang saya tunjuk dengan panah merah buatan saya.

Setelah itu
sobat dapurblogger klik tanda panah yang bertuliskan LANJUTKAN




Memilih Tema


Belajar Membuat Blog Selesai

Sekarang tinggal posting, pengaturan, dan tata letak

Selamat, sekarang sobat dapurblogger sudah memiliki sebuah blog. Sekarangsobat dapurblogger sudah mulai bisa memposting pemikiran sobat dapurblogger di blog dan dibagi ke seluruh dunia (eh Indonesia).

Memang masih ada beberapa hal yang harus
sobat dapurblogger lakukan, yaitu pengaturan, tata letak, penambahan eleman, dan penggantian tema jika sobat dapurblogger menginginkan tema yang lain. Ini untuk tingkat lanjut.

Setidaknya,
sobat dapurblogger sudah memiliki blog dan bisa posting. Hal ini sudah cukup untuk tahap awal. untuk meningkatkan ilmu blogging sobat dapurblogger , sering-sering aja bertamu di blog saya ini..tapi ya maaf, saya tidak bisa menyediakan air minum buat sobat dapurblogger ....hhihihi...

Demikian.
Selamat mencoba
Semoga bermanfaat


No comments:

Post a Comment

Blog Ini Dofolow.
Komentar yang tidak sesuai dengan content yang di bahas, akan di hapus.

loading...
© Dapurblogger. Template by Template Responsive Design Powered By Blogger