Fungsi Email Di Dunia Modern

Posted on Friday 17 July 2015

Sebelum dunia internet di kenal luas, pengiriman surat menyurat masih menggunakan pos. Kita menuliskannya di atas kertas, di masukkan ke dalam amplop, kemudian kita kirimkan melalui jasa pos untuk di kirimkan menuju alamat yang kita inginkan.

Rangkaian pengiriman surat menggunakan pos cukup menyita waktu, dan  karena di tulis menggunakan tangan, kita harus menghapus atau mengganti kertas baru setiap terjadi kesalahan dalam penulisan.

Dengan semakin berkembangnya jaman, pekerjaan manusia banyak di mudahkan dengan kecanggihan teknologi dalam berbagai bidang, salah satunya dalam hal surat menyurat, dari awalnya hanya menggunakan pos sebagai media pengiriman, sekarang mulai tergeserkan dengan hadirnya surat elektronik atau biasa di sebut dengan email.

Dinamisme kehidupan manusia yang semakin tinggi, menjadikan dunia surat menyurat elektronik tidak hanya berfungsi sebagai sarana mengirimkan surat, fungsi email semakin bertambah banyak karena adanya tuntutan kemudahan dalam setiap pekerjaan dalam berbagai bidang.

Berikut adalah fungsi email dalam dunia modern yang semakin menuntut adanya efektifitas waktu dan tenaga pada saat ini.

1. Sebagai Sarana Berkirim Surat
Fungsi Email sebagai sarana berkirim surat adalah fungsi pertama dari surat elektronik atau email. Dengan menggunakan email ini pengiriman surat menjadi lebih cepat. Sebelum dunia internet di kenal luas, pengiriman surat tercepat adalah menggunakan surat kilat dan telegram.
Pada telegram kita di tuntut untuk menyingkat isi surat karena biaya pengiriman di hitung perhuruf.
Dengan adanya email,  pengiriman surat sudah jarang sekali di lakukan, kecuali untuk surat-surat tertentu yang berisi dokumen atau surat resmi.

2.Sebagai Persyaratan Register
Media sosial adalah sebuah gaya hidup yang semakin mendekatkan kita dengan orang yang kita kenal dan sebagai sarana untuk mendapatka teman baru. Email sering di gunakan untuk membuat akun dalam sebuah website media sosial

Selain   di gunakan untuk register atau membuat akun pada media sosial, email juga di gunakan untuk register pada suatu forum atau website yang menawarkan sebuah produk gratis yang bisa kita gunakan.

Salah satu web yang mewajibkan dalam pendaftarannya menggunakan email adalah web yang menyediakan tool seo secara gratis. Di mana tool seo ini sangat di butuhkan dalam dunia blogging.
Dan untuk memiliki sebuah blog ini kita juga harus mendaftar menggunakan email.

3. Sebagai Sarana Promosi
Email kita seringkali mendapatkan berbagai macam penawaran dari berbagai macam penyedia produk atau jasa yang tidak kita kenal sama sekali.
Dalam dunia promosi internet, email adalah satu media yang sering di incar oleh pelaku bisnis yang mencoba mendapatkan customer sebanyak-banyaknya.
Pada saat ini email sudah sering di gunakan untuk di jadikan sebagai media promosi.
Karena hal ini terbukti efektif dalam meningkatkan penjualan bagi pelaku bisnis yang sudah menggunakan teknik promosi melalui email.

Penyedia email yang pada saat ini sering di gunakan adalah Gmail dari Google, Yahoo Mail dari Yahoo.
Kedua email ini menjadi email paling banyak penggunanya karena layanan yang di berikan banyak memberikan manfaat yang dibutuhkan dalam dunia internet.

Meskipun email sudah menjadi salah satu kebutuhan dalam dunia internet, akan tetapi banyak juga yang masih mengalami kesulitan dalam membuat email.
Untuk dapat memiliki email kita dapat mendaftarkan atau membuat email baru pada beberapa website yang memberikan layanan email gratis.

Membuat email relatif mudah, kita diminta mengisi data-data yang di sediakan oleh penyedia layanan email gratis. Data dapat berupa data asli, atau juga dapat menggunakan data palsu.

Cara-cara membuat email, dapat di baca pada artikel berikut ini:
2. Membuat Email Di Gmail Atau Google Mail
Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Blog Ini Dofolow.
Komentar yang tidak sesuai dengan content yang di bahas, akan di hapus.

loading...
© Dapurblogger. Template by Template Responsive Design Powered By Blogger