Cara Mendaftar Google Webmaster

Posted on Sunday 30 May 2010

eePada Postingan sebelumnya saya pernah membahas tentang manfaat dari Google Webmaster . Sekarang kita akan membahas bagaimana caranya mendaftar dan memasang meta tag dari google webmaster supaya blog kita mudah terindeks oleh google.

Untuk mendaftar google webmaster pertama-tama kita menuju alamat google webmaster yaitu

Jika sobat dapurblogger baru pertama kali masuk kedalam google webmaster, maka sobat dapurblogger akan disuguhi tampilan gambar seperti di bawah ini:

cara mendaftar google webmaster

Setelah Sobat dapurblogger klik Continue,Sekarang daftarkan dan laporkan blog sobat dapurblogger kepada Mr.Google supaya bisa langsung terindeks
1. Ketikkan alamat URL blog kita
2. Klik Add Site.
Seperti gambar di bawah ini:

google verify meta tag

Sekarang yang perlu melakukan Verify Your Site supaya blog kita terindeks oleh mesin pencarinya MR.Google. Seperti gambar di bawah ini:

meta tag google
Langkah selanjutnya adalah melakukan Verify Your site. Karena pada Blogger kita tidak terdapat FTP/ File Access, maka metode Verify Your Site yang kita pakai adalah verifikasi dengan menggunakan META TAG.
Pilih metode Verifikasi dengan menggunakan meta tag seperti pada gambar di bawah ini:


cara mendaftar google webmaster

Setelah langkah di atas, sobat dapurblogger akan melihat tampilan meta tag seperti di bawah ini. Meta tag ini lah yang harus sobat dapurblogger pasang pada blog sobat dapurblogger. Tampilannya akan seperti gambar di bawah ini:

verifikasi google meta tag

Kalau meta tag webmaster sudah muncul, sekarang Copy meta tag tersebut kemudian pasang meta tag tersebut pada blog sobat dapurblogger. Sobat dapurblogger tentunya harus login terlebih dahulu kedalam account blog sobat dapurblogger, klik template atau LAY OUY atau TATA LETAK, kemudian Klik EDIT HTML. Perhatikan gambar di bawah ini:

google meta tag

Setelah sobat dapurblogger berada pada halaman EDIT HTML, cari kode <head> dan tempatkan kode meta tag yang tadi di copy setelah kode <head> kemudian SAVE TEMPLATE.

google meta tag

Setelah semua langkah di atas selesai, sekarang kita kembali lagi ke halaman Google Webmaster  untuk melakukan Verifikasi Blog kita.

verifikasi google meta tag

SELAMAT!!!
Sekarang blog sobat dapurblogger sudah terindeks oleh mesin pencari google.
Tidak terlalu sulit bukan untuk mendaftar Google Webmaster?
Sekarang sobat dapurblogger bisa mulai mengoptimalkan dan mengotak-atik blog sobat dapurblogger dengan Google Webmaster.


SEMOGA BERMANFAAT


3 comments:

  1. Makasih info dan panduannya detail sekali. Saya sudah memverivikasi blog saya sesuai petunjuknya pak Dhe, kira2 kapan ya mulai terindek oleh Om Google. ini alamat blog saya http://inhealthylife.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Nice info mas
    dah saya verifikasi blog saya
    makasih....

    ReplyDelete
  3. Matursuwun Mas Wingky . . .
    udah Share . . .
    saya baru belajar buat blog
    info ini berguna banget

    salam dari Semarang

    ReplyDelete

Blog Ini Dofolow.
Komentar yang tidak sesuai dengan content yang di bahas, akan di hapus.

loading...
© Dapurblogger. Template by Template Responsive Design Powered By Blogger