Apa Itu Meta Tag dan Kenapa Kita Membutuhkannya

Posted on Wednesday 28 April 2010

Apa itu Meta Tag dan Kenapa Kita Membutuhkannya?
Saya yakin sobat dapurblogger pasti ada beberapa yang pernah bertanya  mengenai meta tag ini, dan apa kegunaan dari meta tag ini, tentunya pasti juga manfaat dari meta tag ini. Sampai- sampai banyak sekali kita temukan artikel yang membahas tentang meta tag. Entah itu artikel asli atau artikel copy paste dari blogger lain. Memang kenyataannya sekarang banyak sekali blogger yang mengambil jalan pintas untuk menjadi blogger instan. Padahal kenyataannya di dalam dunia ini tidak pernah ada satupun yang instan, karena yang namanya mie instan pun perlu di rebus dulu tidak bisa langsung di makan.

Kembali kepada pembahasan mengenai meta tag pada blog.
Untuk lebih memahami apa itu meta tag, dan kenapa kita membutuhkan meta tag untuk halaman blog kita, saya akan sedikit sharing. Let's go..

Search engine
Hal yang sering membantu kita ketika kita melakukan pencarian pada internet adalah search engine. Jenis utama dari search engine adalah web crawler yang mana sebagian besar adalah program otomatis yang masuk melalui halaman web yang ada dengan cara mengindeks dengan menggunakan berbagai paramater.

Web crawler atau Spider memeriksa setiap halaman website. Setelah selesai memeriksa halaman website, webcrawler menyerahkan kepada indeks. Ketika kita menggunakan search engine, indeks menyediakan link kehalaman website tersebut dengan peringkat atau posisi halaman website berdasarkan relevansi dari kata kunci atau keyword yang di tulis oleh kita. 

Tidak semua search engine menggunakan sistem pengindekan yang sama. Ada yang mengindek cara melihat densitas dari keyword yang ada pada blog kita, ada yang mengindeks dengan memperhatikan relevansi atau isi dari setiap paragrap dengan kata kunci pencarian. Ada juga beberapa search engine yang "sentimen" terhadap perubahan yang terjadi pada halaman blog. Semakin sering kita rubah halaman blog kita atau semakin sering kita rubah template blog kita, maka potensi untuk mendapatkan predikat buruk terhadap hasil pencarian akan semakin melekat terhadap nama domain blog kita.

Setelah melihat sedikit sharing saya, sekarang kita tahu kenapa kita membutuhkan meta tag untuk blog kita. Karena kita bisa melihat, dalam templates bawaan blogger, tidak terdapat kode html untuk meta tag.
 

Kenapa Kita Membutuhkan Meta Tag

Sebelum kita membuat sebuah blog, khusunya blog untuk mendulan dollars, dalam bayangan kita adalah bahwa blog kita akan di kunjungi beratus-ratus pengunjung atau bahkan ribuan pengunjung berduyun-duyun datang untuk mengunjungi blog kita. 

Supaya blog kita bisa di kunjungi oleh banyak orang, hal yang pertama kita lakukan adalah penggunaan meta tag ini, karena ini yang akan menentukan ranking atau posisi blog kita pada hasil pencarian search engine atau Search engine page result, yang lebih sering di kenal dengan SERP. Efektifitas penggunaan  meta tag ini terbukti dapat mendongkrak posisi blog atau sebuah website dalam search engine dengan adanya deskripsi blog kita dan keyword yang mana akan membuat search engine menampilkan halaman blog kita sesuai dengan permintaan dari orang yang mencari data artikel dengan menggunakan keyword.


Jenis-Jenis Meta Tag
Meta tag ada sebenarnya ada beberapa jenis, tapi yang sering atau umum di gunakan adalah meta tag keyword dan meta tag description.

Meta Tag description adalah meta tag yang menjelaskan deskripsi dari blog kita, yang ini akan mempengaruhi relevansi dari crawler yang di lakukan oleh search engine.

Meta tag keyword adalah keyword dari blog kita yang kita gunakan untuk mengarahkan crawler search engine kepada blog kita.
Untuk membuat meta tag ini, sobat dapurblogger bisa melihat dapurblogger yang berjudul Cara Membuat Meta Tag .

Sekarang kita sudah tahu apa itu meta tag dan kenapa kita membutuhkan meta tag.
Kesimpulannya, dengan adanya meta tag, blog kita akan lebih mudah terindeks oleh mesin pencari dengan cara mengindeks sebuah relevansi deskripsi dan keyword sebuah blog dengan keyword yang di ketikkan oleh seorang yang melakukan pencarian dengan menggunakan bantuan search engine.

Semoga Bermanfaat.







4 comments:

  1. Makasih ya atas tipsnya ..akan saya coba..

    ReplyDelete
  2. tak ada artinya dulang dollar tanpa meta tag hehehe
    salam

    ReplyDelete
  3. @ Sudino Dinoe: sama-sama mas...:)
    @ Dikma:Betul..betul..betul...

    ReplyDelete
  4. info bagus mas...sangat membantu saya

    ReplyDelete

Blog Ini Dofolow.
Komentar yang tidak sesuai dengan content yang di bahas, akan di hapus.

loading...

Blog Archive

© Dapurblogger. Template by Template Responsive Design Powered By Blogger