Pencurian di Dunia Blog

Posted on Thursday 25 March 2010





Pencurian tidak hanya terjadi di dunia nyata, di dunia blog pun sering terjadi pencurian. Pencurian di dunia blog biasanya terjadi pada pencurian artikel atau copy paste artikel tanpa seizin dari pemilik blog. Dan parahnya aktifitas copy paste ini bener-bener murni artikel orang lain tanpa ditambahin sedikitpun kata-kata atau kalimat. Jangankan kata-kata atau kalimat, tanda koma atau titik pun tidak ada sama sekali perubahan. sama sekali tidak kreatif bukan? 
Aktifitas copy paste di dunia blogger atau sering di sebut KOPAS adalah aktifitas yang sering sekali terjadi, ada yang mengikhlaskan aktifitas copy paste itu ada juga yang tidak terima dengan aktifitas copy paste.

Sebenarnya sangat wajar dan sangat masuk akal kalau banyak blogger tidak terima dengan aktifitas copy paste ini, karena memang aktifitas copy paste ini adalah aktifitas pencurian hasil karya atau plagiatisme.

Banyak juga yang mempersilahkan artikelnya di copy paste dengan catatan menampilkan sumber dari artikel tersebut. Dengan copy paste ini seorang blogger yang pemalas atau tidak mau mengasah keterampilan menulisnya akan mendapatkan kemudahan untuk memposting artikel-artikel dari hasil copy paste.

Nah, untuk menghindari atau memproteksi artikel  kita dari copy paste ada cara yang bisa dilakukan. cara tersebut adalah dengan memberi sedikit kode html dengan cara mereplace kode

Untuk melindungi artikel kita dari aktifitas copy paste, langkah-langkah selengkapnya adalah sebagai berikut:

  1. Login ke account blog sobat blogger
  2. Masuke ke Edit HTM L
  3. Temukan kode
  4. Ganti kode di atas dengan kode seperti di bawah ini....
<body onmousedown="return false" oncontextmenu="return false" onselectstart="return false">

Kemudian save templates sobat dapurblogger.
Cara ini memang belum benar-benar aman, karena masih ada cara untuk mencuri artikel dengan cara copy paste melalui jalan lain. Tapi apalah gunanya jika dapurblogger bahas di sini. Karena kalau dapurblogger membahas cara bagaimana copy paste artikel yang di protect, nantinya malah semakin marak copy paste copy paste di dunia blog.

Sampe sekarangpun kita masih mendapatkan sebuah artikel dari berbagai alamat blog yang sama dan benar-benar sama dan tidak ada perubahan sedikitpun. Dapurblogger sering bertanya, siapa gerangan penulis asli artikel tersebut. Siapa gerangan yang memperbanyak artikel tersebut melalui aktifitas Copy paste?

Selamat mencoba
Semoga bermanfaat...
  

sumber gambar: http://penxpower.files.wordpress.com/2008/05/plagiat3.jpg 



No comments:

Post a Comment

Blog Ini Dofolow.
Komentar yang tidak sesuai dengan content yang di bahas, akan di hapus.

loading...
© Dapurblogger. Template by Template Responsive Design Powered By Blogger